Thursday, December 3, 2009

Soal Mobnas, Indonesia Kalah dari India

Sejak India merdeka tepatnya 1947, industri otomotif India memang sudah mulai digerakan 3 tahun setelah merdeka. Hingga saat ini, industri otomotif India terbang lebih tinggi meninggalkan Industri otomotif Indonesia.

Bahkan, India saat ini sudah berani mengekspor mobil ke negara tetangga. Sedangkan Indonesia lebih dari 60 tahun tidak menghasilkan apa-apa.

Hal itu diungkapkan anggota Asosiasi Desainer Produk Indonesia, Aloysius Baskoro Junianto kepada detikOto disela-sela acara Nissan Design Square (NDS) di Universitas Pelita Harapan, Tangerang (3/12/2209).

"3 tahun setelah India merdeka, India sudah buat mobil nasionalnya dengan Maruti, Indonesia baru mulai tahun 1993 hingga 1996, itu juga gagal," katanya.

Menurutnya, pemerintah dan masyarakat India mendukung mobil nasionalnya dan tidak seperti di Indonesia. "Pemerintah dan masyarakat India mendukung mobil nasional. Sedangkan di Indonesia malah dimatiin," ucapnya.

Padahal lanjut Baskoro jika Indonesia memiliki niat untuk membuat mobil murah, sejak dulu Indonesia sudah bisa buat. "Tapi apa malah impor mobil Jepang dan lain-lain," ungkapnya.