Tuesday, December 1, 2009

VMware Percepat Adopsi Virtualisasi Desktop

Penyedia solusi virtualisasi, VMware mengumumkan kehadiran VMware View 4 untuk mendorong adopsi virtualisasi desktop dan memungkinkan komputasi desktop disalurkan kepada pengguna sebagai layanan terkelola (managed service).

VMware View 4 diklaim sebagai satu-satunya solusi di industri yang khusus dibuat untuk virtualisasi desktop. Solusi ini dikembangkan dari platform virtualisasi VMware vSphere dan diklaim mampu menurunkan total biaya kepemilikan desktop hingga 50%.

Virtualisasi desktop telah lama menjadi tujuan utama TI karena dianggap mampu meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan. Namun tingkat adopsinya masih terbatas karena biaya akuisisi yang tinggi, kurang pengalaman dan masalah skalabilitas selain kurangnya penerapan yang benar-benar menunjukkan manfaat desktop tervirtualisasi.

Mike Rose, analis industri pada firma riset IDC mengatakan, untuk menghadapi berbagai hambatan utama penerapan virtualisasi desktop secara luas, yakni masalah biaya akuisisi, pengalaman pengguna dan skalabilitas – VMware bersama dengan ekosistem mitra membuka jalan bagi enterprise untuk secara lebih mudah mentransformasikan desktop menjadi layanan terkelola.

"Yaitu dengan meningkatkan keamanan, pengelolaan, ketersediaan dan kebijakan serta total biaya kepemilikan yang lebih rendah,"